top of page

Daily Afternoon Discussion

Public·4 members

DBS, Dec'25, 2022

Introduction,


The grape juice in Cana, the first miracle performed by Jesus at the commencement of his earthly ministry;

it must have been the juciest grape juice ever served on earth!

it was "produced" by the ONE who created the heavens and the earth; "freshly squeezed"

at least as good as the grapes that were found in Eden during the time of Adam & Eve!


Mengulang kembali yang telah dipelajari 12/23/2022


  • 1 Cor 5 : 7-8

1Co 5:7, Purge out therefore the old leaven, that ye may be a new lump,

as ye are unleavened. For even Christ our passover is sacrificed for us:


1Co 5:8, Therefore let us keep the feast, not with old leaven,

neither with the leaven of malice and wickedness;

but with the unleavened bread of sincerity and truth.


discussion by Lina, Alvin, Antok!


sebab akibat,


nilai penyebab - adalah "sacrifice"


Kristus korban kita, sehingga buang "ragi lama"

artinya, setelah salib "tanpa dosa" sehingga

bisakah disimpulkan sebelum salib tidak perlu buang ragi lama?


artinya tanpa sacrifice, artinya boleh ada ragi lama?


artinya kalau bukan Kristus sacrifice for us, sehingga tidak buang old leaven

karena?


Kristus belum mati?

karena korban masih "domba saja"

belum "the lamb of God"


ulang, Pak Antok!


karena Kristus sudah jadi korban, dosa lama di buang!

artinya sebelum Kristus mati,

domba yang menjadi lambang Kristus - tidak mengharuskan kita buang dosa lama!


berdasar data yang ada, ayat apa yang menguatkan pernyataan pak Anto diatas!


john 1 : 29

the lamb of God which taketh away the sins of the world!


Apakah ini berbicara orangnya yang berdosa? atau "dosanya" tanpa orangnya saat YESUS di salibkan!


jadi apakah bicara "soal kehidupan dosa secara general?" atau "memang ada orang yang berdosa" yang perlu

di purge out?


Pak Antok, hipotesa pertama - Dosa secara umum, tanpa orangnya; hipotesa kedua -

Dosa seorang yang berdosa!


Di ayat 8, "therefore, let us keep the feast!"

Jadi apakah kita keep the feast, tanpa orangnya diuji lebih dahulu?

dan setelah itu, di-uji to keep the feast tanpa orang yang berdosa!



Ulang lagi,


Karena Tuhan Yesus sudah dipakukan disalib, marilah kita TANPA ada dosa "old leavened"

dalam feast kita!]


Bukankah ada dosa tanpa orang-nya? bagaimana ini bisa terjadi?


Ini tidak masuk diakal, tetapi bagaimana sampai ini harus dipertimbangkan?

Karena ini bisa terjadi secara prinsip, bila kita bilang

"mari kita keep the feast sendiri" tanpa orang lain, dan sikap itu tidak ada lagi -

saat keep the feast!

karena tidak ada orang lain, sehingga sikap dosa itu dianggap general saat keep the feast

bisa keep the feast sendiri; sehingga bisa menjadi "spiritual feast"


Kemungkinan yang kedua, ada feast sekurangnya ada dua orang!

Karena tidak ada feast tanpa orang lain


sebaliknya adalah bila seorang melakukan feast sendiri

sehingga ini disebut "spiritual feast",


kenapa ini penting?


KITA MENGERTI, FEAST DI O.T. (GATHER TOGETHER)

TIDAK BISA GATHER TOGETHER ALONE, MUST BE AT LEAST TWO PEOPLE

BILA PRINSIP BERLAKU


1COR5:7-8


SAAT YESUS MATI,

TIDAK BISA ADA ORANG OPEN SIN SETELAH CROSS

SEHINGGA BISA FEAST SENDIRI? TIDAK BISA

MELAINKAN HARUS ADA SEKURANGNYA DUA ORANG

UNTUK MELAKUKAN FEAST!


ADA 2 KEMUNGKINAN, dan yang satu membatalkan yang lainnya...


1) FEAST SEKURANGNYA DUA ORANG untuk gather together!


AGAR SI "DIA" ORANG LAIN, SUPAYA harus ada orang lain

untuk gather together...sehingga,


ORANG LAIN ITU BISA ada kemungkinan "TIDAK DISITU"!


kalau ORANG LAIN ITU MASIH SIMPAN LEAVEN!

SEHINGGA TIDAK di-izinkan ADA DISITU!

kalau mau "gather together", bagaimana ada si "dia"

kalau dia tidak pernah ada! karena hanya sendirian

"spiritualize feast"!


SPIRITUALIZE FEAST = GUGUR!!


SIMPAN DULU PELAJARAN UNTUK SAAT INI,


MATT 5 : 17


THINK NOT,

I COME NOT TO DESTROY THE LAW


Ada 2 persoalan, yang telah di bahas panjang lebar!

Think NOT menganjurkan kata yang perlu di "think!"

yang harusnya dipikirkan tetapi tidak!


Jangan pikirkan mengajurkan yang perlu di pikirkan itu

yang tidak dipikirkan, karena kamu pikirkan yang kamu

tidak pikirkan!


pikirkan yang kamu tidak pikirkan!


yang kamupikirkan - yaitu mau meniadakan hukum "destroy the law!:

jangan pikir saya datang untuk membinasakan hukum

kenapa datang?

apa yang dikte dia datang?


pasti datang bukan untuk meniadakan hukum

dia datangnya itu..bukan menidadakan hukum

apa saja yang hukum lakukan sebelum dia datang

masih dilakukan!


dia datang bukan untuk meniadakan hukum!


hukum tidak di apa-apa-in!


karena kalau di apa-apa-in itu artinya di destroy!


artinya,


kalau tidak diapa-apain, sebelum dia datang sama seperti

sebelum dia datang!


kalau kuning, biarkan tetap kuning saat datang!


yang hukum lakukan sebelum, dan setelah datang, tetap!

karena tidak di apa2in saat dia datang!


hukum berlaku, sebelum datang, saat datang tidak berlaku lagi, dan

YESUS katakan, "don't think that"


Roma 3 :20


Hukum bilang ungkapkan dosa orang berdosa..

mengungkapkan dosa orang berdosa

saat Yesus datang, hukum tetap ungkapkan dosa orang berdosa!

tidak ada perubahan!


Yesus datang untuk orang berdosa

sebelum dia datang ada orang berdosa

setelah yesus datang ada orang berdosa


Hukum katakan yang berdosa harus mati, sebelum

dan setelah salib...


saat Yesus datang orang bilang...

apa yang dibilang?


orang berdosa tidak ada yang perlu mati lagi!

karena yang menuduh yaitu hukum sudah

di-tiadakan!


YESUS katakan, "think not!"

artinya = "geser!"


Ada yang tetap mati, di geser ke saya...

kalau tidak ada yang perlu mati!

tidak ada pergeseran!


artinya,


masih harus ada yang mati, sehingga persoalan

tetap ada, dan persoalan yang tetap ada, lokasinya

saja yang BERBEDA!


YANG TETAP ADA YANG DI GESER


Yesus sebelum datang, YESUS "hidup"

karena kematian yang digeser kepadanya

menggeser kehidupan yang tadinya seharusnya mati!


gantian - ini namanya GESER


saling bergantian, ada dua arah pergeseran

satu mati, satu hidup!

Kalau kematian di geser = persoalan nomor satu!

kematian kekal = tetap ada

yaitu digeser kepada saya!

kematian kekal yang seharusnya mati

digeser kepada yang sekarang yang lagi hidup

sebelum yesus datang dia hidup

kehidupan-nya di geser dan diganti dengan

kematian!

kehidupan yesus di geser kepada yang seharusnya

mati sehingga mereka yang hidup!


jadi ada dua hal yang bergeser!


persoalan kedua,

kehidupan yesus yang dia nikmati dan digeser oleh

kematian

diberikan kepada yang seharusnya mati sehingga

mereka menerima kehidupan!


kematian = persoalan, ada pada Yesus


persolaan kedua ada di manusia = yang sekarang hidup!


yang harusnya mati masuk dalam persoalan kedua yaitu dia

hidup; kehidupan yang dia terima dia tidak bisa hidupkan!

sehingga dia mencetak persoalan pertama lagi!

kehidupan Adam dan Hawa bukan persoalan

tetapi apa persamaan dengan mereka?

kehidupan mereka adalah ujian bagaimana

menjalankan kehidupan


kematian geser kepada anak

dan kehidupan Anak diberikan kepada mereka, diberikan kepada orang hidup!

persoalan, kita tidak bisa hidupkan ini...ini adalah persoalan!

sekurangnya, ada kesempatan seperti Adam & Hawa untuk dapat

probation kedua; kehidupan mereka adalah probation kedua

dalam ketidak bisa menurutan mereka!


Kehidupan di geser = persoalan nomor kedua!


Pertama saya tidak akan binasakan hukum, karena saya bisa terima akibat hukum; sehingga

saya bisa dituduh dan menerima ganjaran hukum!


Saya tidak tiadakan supaya bisa terima hukuman - THINK NOT!


Dengan tidak binasakan hukum, artinya, tetap harus menurut hukum!

Dengan menurut hukum itupun termasuk hukum katakan "kamu harus mati!"

Saya harus menurut hukum

lalu hukum bilang, kamu harus mati!

kamu punya persoalaan kepada Yesus yang mati

saya terima kehidupan YESUS

bagaimana hidupkanini? saya punya kehidupan yang tidak tiadakan hukum inilah

yang hidup dalam kamu!


Dua persoalan

Dua solusi

DUA OKNUM PENCIPTA

MELALUI SATU ANAK

APAKAH HUKUM BISA DITIADAKAN AGAR ORANG BISA SELAMAT?


saya datang untuk fulfil untuk kamu punya kehidupan, dan untuk mati kamu punya kematian!


Saya yang memenuhi penuruthan hukum, dan say aberikan kepada kamu

saya juga yang memenuhi penuruthan hukum

bagian kamu, jangan bilang saya datang untuk meniadakan hukum


I PERISH AT THE CROSS

YOU RECEIVE ETERNAL LIFE


HUKUM ITU KEKAL

YESUS DATANG BUKAN UNTUK MENIADAKAN

MELAINKAN UNTUK MEMENUHI (FULFIL)

yang diselamatkan ialah mereka yang bisa hidup dengan hukum

selama2nya!

sementara...


Yesus selama2nya rela menjadi manusia...


OH WHAT A LOVE....

RENUNGKAN THE LOVE OF GOD, AND THE SON OF GOD

AGAR BISA UNTUK TIDAK MELAYANI DAGING...















16 Views
Present Truth
Present Truth
Dec 26, 2022

Pernyataan "apa-apa", dalam konteks, Yesus datang menggenapi Hukum sehingga tidak untuk meniadakan Hukum seperti yang dikatakan oleh orang2 Farisi!


Pernyataan, "orang berdosa harus mati!"


Sebelum Yesus datang bahkan setelah Yesus datang, orang berdosa tetap harus mati

karena ini adalah tuntutan Hukum yang tidak pernah berubah!


Jelaslah, Yesus tidak meng"apa-apa-in" hukum!, melainkan menggenapi

tuntutan hukum!


Jadi ini dari pihak YESUS; bagaimana dengan dari pihak orang Farisi?


DEFINITION of TERMS saat ini...


PREMISE = adalah "apa saja" yang dalam pagar, sehingga bahan

pembahasan masih dalam batasan yang benar!


contoh, matthew di cipetey, adalah orang tertinggi!


jadi saat ditanya siapa yang tertinggi? Matthew!

Karena Matthew yang paling tinggi dalam premise

pembicaraan!























Members

Subscribe Here for News & Updates

Thanks for submitting!

© 2021 by Forum Diskusi Alkitab & Roh Nubuat. For Personal and Internal Purposes Only

bottom of page